Cara Memilih Frame Sepeda Yang Tepat


Frame sepeda merupakan jantung dari sepeda itu sendiri, dan disarankan ukuran dari frame sepeda haruslah sesuai postur tubuh pe-sepeda. Frame Sepeda Yang Tepat  mempunyai ukuran yang berimbang dengan pengguna sepeda akan memberikan keseimbangan akan tinggi dan panjang sepeda, juga respon dan kenyamanan bersepeda. Di pasaran beredar bermacam variasi frame sepeda dari berbagai merk dagang dengan harga yang variatif pula, dan penguna sepeda mempunyai keuntungan untuk memilih mana frame yang pas untuk dirinya dan pas dikantong harganya. Dan sebelum pe-sepeda memilih Frame Sepeda Yang Tepat, ada baiknya kita mempelajari dulu jenis dan ukuran dari frame sepeda tersebut.


Jenis – Jenis  Frame Sepeda

1. Besi. Dengan berkembangnya teknologi besi sudah ditinggalkan sebagai bahan dasar frame sepeda karna harganya yang mahal, berat dan cepat korosi.

2. Baja. Unggul dalam kekuatan tak membuat baja menjadi bahan favorit sebagai bahan dasar frame sepeda meskipun materialnya lebih kuat dari besi, berat dan rentan akan korosilah penyebabnya mengapa sekarang baja tidak terlalu diminati lagi.

3. Alumunium. Lebih ringan dari baja walaupun demikian kekuatannya menyamai besi dan baja, juga tahan karat disamping harganya murah membuat alumunium diminati sebagai bahan Frame Sepeda Yang Tepat di pasaran. Namun demikian alumunium juga memiliki kelemahan dimana saat pemakaian diatas 5 tahun kekakuan dan presisinya mulai berkurang, akibatnya jika rusak akan sulit di perbaiki.


4. Titanium. Tingkat kepadatan dan ketahanan titanium sama dengan baja tapi lebih ringan dan tahan korosi. Memilih titanium sebagai bahan dasar Frame Sepeda Yang Tepat tidaklah salah tapi pe-sepeda juga harus mengetahui bahwa kelemahannya adalah dari segi harganya yang mahal dan tingkat kekakuan yang hanya mencapai setengah dari tingkat kekakuan baja, serta kesulitan yang cukup tinggi dalam memperbaikinya jika terjadi kerusakan.


5. Serat Karbon. Berasal dari benang karbon yang dicampur dengan epoxy resin membuat serat karbon mempunyai kelenturan dan kekuatan yang bisa disesuaikan kebutuhan pengguna, tidak beresiko korosi, bahan yang ringan dan harga yang tidak terlalu mahal bisa menjadi faktor penentu pe-sepeda untuk memilih serat karbon sebagai bahan dasar Frame Sepeda Yang Tepat. Akan tetapi patut diketahui juga kelemahan dari serat karbon yang rentan akan panas  tinggi dan tidak tahan api.



Ukuran Frame Sepeda

Penentu kenyamanan dan efisiensi bersepeda terletak dari ukuran frame sepedanya, bukan pada kecangihan teknologi ataupun harganya yang mahal. Untuk mendapatkan ukuran Frame Sepeda Yang Tepat secara umum didapatkan dari menghitung tinggi badan dan panjang kaki pe-sepeda, untuk pajang kaki di ukur dari pangkal paha sampai ujung kaki tanpa alas.

Sederhananya, ketika pe-sepeda berdiri dengan dua kaki tanpa alas menjepit frame sepeda (stand over height) sisakan ruang beberapa centimeter antara top tube/ bagian atas frame dengan panggal paha. Kemudian perhatikan jarak antara sadel dan stang (cockpit length), pastikan cukup ruang gerak untuk lutut dan siku dalam posisi mengayuh pedal. Pastikan pergerakan tungkai kaki (leg extention) ketika mengayuh pedal tidak terlalu tertekuk ataupun terlalu merenggang karna akan mengakibatkan cidera otot kaki dan ilangnya efisiensi bersepeda.

Lebih jauh jangan pernah ragu bertanya pada penjual atau ahlinya sepeda tentang ukuran Frame Sepeda Yang Tepat buat pe-sepeda gunakan. Dan untuk memudahkan memilih, berikut ada beberapa tingkat ukuran frame sepeda yang beredar di pasaran:
1. XXS – sangat kecil sekali. Dengan ukuran tinggi badan antara 148 sampai 152 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 47-48 cm.
2. XS – sangat kecil. Dengan ukuran tinggi badan antara 152 sampai 160 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 49-50 cm.
3. S – kecil. Dengan ukuran tinggi badan antara 160 sampai 168 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 51-53 cm.
4. M – sedang. Dengan ukuran tinggi badan antara 168 sampai 175 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 54-55 cm.
5. L – besar. Dengan ukuran tinggi badan antara 175 sampai 183 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 56-58 cm.
6. XL – sangat besar. Dengan ukuran tinggi badan antara 183 sampai 191 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 58-60 cm.
7. XXL – sangat kecil sekali. Dengan ukuran tinggi badan antara 191 sampai 198 cm maka ukuran frame sepedanya adalah 61-63cm.gowesbike.
Previous
Next Post »