Jembatan Terpanjang Dunia Versi Mbah Google




Hangzhou Bay Bridge atau jembatan teluk Hangzhou, adalah jembatan terpanjang dunia dan terbesar versi trans samudra yang pernah dibangun di Cina. Jembatan terpanjang dunia ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat tersebut.

Hangzhou Bay Bridge adalah sebuah jembatan jalan raya yang sangat panjang di wilayah pesisir timur China. Panjangnya 35,673 km (22 mil). Hangzhou Bay Bridge juga merupakan salah satu jembatan trans-samudera terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan selesai pada 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007. Jembatan ini memperpendek jarak perjalanan antara Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mil) menjadi 280 km (174 mil ) dan waktu tempuh berkurang dari 4 jam menjadi 2,5 jam. Memotong jarak perjalanan antara dua kota pelabuhan sejauh 120 km.

Jembatan ini dibangun di delta Sungai Yangtze yang mengalami beberapa pasang surut tertinggi di planet ini. Lokasi jembatan juga rawan gempa serta angin yang sangat besar selama musim angin topan. Bentuk jembatan dipilih karena kekuatannya. Banyak jembatan menggunakan tiang pancang beton untuk mendukung dek tapi Hangzhou Bay Bridge mengambil pendekatan yang berbeda dan menggunakan tumpukan baja. Pilihan ini dibuat berdasarkan fakta bahwa tumpukan baja akan lebih kuat terhadap korosi dari gaya pasang surut yang sangat tinggi di teluk. Menggunakan tumpukan baja, bukan tiang pancang beton juga membuat jembatan jauh lebih constructable terutama dalam kondisi kerja yang sangat sulit yang akan mereka hadapi. Hal ini beralasan karena melihat gelombang di teluk mencapai 25 meter. Dalam kondisi itu, mustahil untuk membangun jembatan terpanjang dunia ini tanpa menggunakan beberapa teknologi konstruksi terbaru. Selama pembangunan jembatan, dua crane besar digunakan, yang pertama 2.200 ton dan yang kedua 3.000 ton.

Previous
Next Post »