Menyimpan File Data Rahasia dalam Gambar



Berbagai cara dapat ditempuh untuk mengamankan data penting yang kita miliki. Kita akan menunjukkan cara yang tidak lazim dalam mengamankan data penting milik kita. Yaitu dengan cara menyembunyikan file data ke dalam sembarang gambar.

Dengan trik ini, pihak yang tidak berkepentingan, tidak akan pernah menduga bahwa file gambar tersebut mengandung data file rahasia. Ia hanya akan mengira itu sekadar file gambar biasa, padahal. 
Berikut langkah persiapan agar trik ini dapat terwujud:
*   Pertama, mempersiapkan program utility pemampat data. Banyak sekali program utility jenis ini, tersedia di internet. Mungkin Anda dapat memakai Winzip, WinRar, atau 7-zip. Atau apalah, … sesuaikan dengan selera Anda.
Pada contoh ini, kita akan memakai 7-zip saja. Dengan alasan, selain gratis, program ini cukup andal menangani berbagai jenis file termampatkan.
*   Kedua, menentukan file gambar yang akan dipakai sebagai kamuflase. Terserah dalam format apa. Pada contoh ini, kita memakai file gambar berformat JPG. Anggap saja file ini kita beri nama family.jpg.
*   Ketiga, kita tentukan file data rahasia yang akan digabungkan.  Jenis file yang akan digabungkan bebas, misalnya berformat DOC, XLS, TXT. Pada contoh, anggap saja, kita memakai file jenis TXT dan kita beri nama rahasia.txt.
*   Keempat, kita tentukan folder di mana proses penggabungan akan dilakukan. Pada contoh ini, anggap kita memilih C:\TEST. Jadi, pindahkan file gambar dan data yang akan digabungkan di folder ini. rumpitekno.


Previous
Next Post »