Fakta Dibalik Gempa


Gempa, Dunia, Google
  1. Ternyata Gempa terbesar yang pernah ada adalah gempa berkekuatan 9,5 SR yang terjadi di Chili pada 22 Mei 1960.
  2. Ternyata gempa terbanyak memakan korban adalah gempa yang melanda Shanxi pada tanggal 23 Januari 1556 di China. Gempa ini menelan korban 830 ribu korban jiwa.
  3. Ternyata banyak orang yakin bahwa maret adalah bulan gempa. bisa jadi ini akibat tragedi yang terjadi pada tanggal 28 Maret 1964, dimana Prince William Sound, Alaska, diguncang gempa 9.2 Skala Richter ini merupakan salah satu gempa terbesar sepanjang sejarah. Ditempat lain masih pada di bulan maret, Kepulauan Andreanof, Alaska, mengalami gempa 9.1 SR pada tanggal 9 Maret 1957.
  4. Ternyata sejarah mencatat sekitar 500 ribu gempa terjadi setiap tahun di seluruh dunia. Yang signifikan bisa dirasakan sekitar 100 ribu gempa. Sejarah juga mencatat bahwa setiap tahundi wilayah California selatan mengalami sekitar 10 ribu gempa, namun penduduk setempat tidak banyak sadar akan kejadian ini, karena gempa yang terjadi sangat kecil dan tidak signifikan.
  5. Ternyata yang bertanggung jawab terhadap tremor selama ini adalah matahari dan bulan. dari dulu orang sudah mengetahui bahwa matahari dan bulan dapat menimbulkan pasang di permukaan planet, kalau planet bumi contohnya pasang laut. Namun sekarang, para pakar mengatakan, bahwa gravitasi matahari dan bulan pada patahan San Andreas merangsang tremor di bawah tanah.
  6. Ternyata kota Concepcin di Chili bergerak 10 kaki ketika gempa 8,8 SR yang terjadi pada 27 Februari 2010. Gempa ini mengakibatkan patahan kerak bumi dan menggeser kota Concepcin ke barat.
  7. Ternyata San Francisco mendekati Los Angeles dengan kecepatan sekitar 2 inci per tahun sudah pasti Kota-kota ini akan bertemu beberapa juta tahun kemudian.
  8. Ternyata gempat telah mengurangi tonjolan pada bumi, hal ini terjadi di Indonesia pada 2004, gempa 9,0 SR itu mengakibatkan tsunami yang dasyat. Perpindahan tanah karena bencana itu menyebabkan pengurangan kecil pada tonjolan, dan membuat planet menjadi sedikit lebih bulat.
  9. Ternyata Cincin Api Pasifik merupakan kawasan paling aktif gempa.
  10. Ternyata eksplorasi minyak dapat menyebabkan gempa. Karena minyak umumnya ditemukan dalam sedimen lembut dan licin, ketika minyak menghapus gerakan batuan lain, maka akan tercipta “peristiwa mini-seismik” yang tak terlihat manusia.
  11. Ternyata bumi secara seismolog lebih aktif dalam 15 tahun terakhir, Itulah pendapat Stephen S. Gao pakar geofisika Missouri Universitas of Science & Technology Stephen S. Gao.
  12. Ternyata cuaca tidak mempengaruhi kadar gempa
  13. Ternyata gempa tidak hanya merusak daerah yang dilanda gempa, namun juga dapat juga mengguncang bumi pada sisi lainnya.
  14. Ternyata  Gempa dapat mengubah rotasi planet dan mempersingkat waktu menjadi lebih cepat dalam satu hari di bumi.
First