Nofollow dan Dofollow Blog


Nofollow dan Dofollow dua istilah mungkin sangat sering di dengar oleh kita khususnya para Bloggermania. Nah mungkin dari kita ada yang belum tau atau belum begitu memahami Apasih Nofollow dan Dofollow itu ? maka dari itu pada postingan kali ini tentang Nofollow dan Dofollow. Berikut Cuplikannya :

Nofollow adalah suatu nilai dari atribut HTML yang menerangkan atau menjelaskan ke beberapa mesin pencari untuk tidak mengikutkan hyperlink ke dalam indeks dan tidak mempengaruhi link target di hasil pencarian mesin pencari. 

Nofollow digunakan untuk mengurangi kegiatan spam pada mesin pencari, sehingga akan menurunkan kualitas dari hasil pencarian mesin pencari. Ini adalah konsep yang diperkenalkan oleh kepala webspam Google Matt Cutts dan Jason Shellen pada tahun 2005. Secara sederhana pengertian nofollow adalah memberikan penjelasan agar crawler mesin pencari tidak mengikuti links yang diberikan atribute nofollow. 

Biasanya tag ini digunakan untuk mencegah komentar-komentar spam di indeks oleh mesin pencari sehingga akan menurunkan kualitas halaman pada web atau blog tersebut, karena link yang keluar dari halaman web tidak akan di akses oleh crawler mesin pencari jika menemukan attribute nofollow pada halaman web tersebut. Penggunaan nofollow ini bukan berarti akan mencegah atau memblok konten halaman di indeks oleh crawler mesin pencari. Berikut aplikasi penggunaan tag nofollow :

<a href="http://mbahgooglee.blogspot.com" rel="nofollow">
mbahgooglee</a>

Nah, Sedangkan untuk istilah dofollow merupakan kebalikan dari nofollow yaitu dimana link yang menggunakan attribute dofollow akan mengizinkan google (atau semua mesin pencari -red) untuk mengikuti link tersebut. Sehingga akan memberikan backlink dari web atau blog yang menggunakan attribute dofollow. Jika seorang webmaster atau admin blog menerapkan dofollow maka merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengunjung untuk mendapatkan backlink dari web tersebut sehingga lebih dikenal dengan sebutan "link love" atau memberikan cinta seseorang dalam bentuk link. 

Biasanya penggunaan tag dofollow pada website akan rentan dengan komentar-komentar spam. Dofollow memungkinkan kata kunci dalam anchor text terindeks dalam hasil pencarian di mesin pencari. Ini berarti ketika anda menghubungkan ke setiap situs web atau halaman, gunakan kata kunci yang ditargetkan sebagai anchor teks. Namun perlu juga dingat untuk memberikan komentar yang relevan dengan isi konten pada halaman web tersebut.

Nah, dengan pembahasan mengenai nofollow dan dofollow pada postingan ini, saya kembalikan ke sobat blogger apakah akan menerapkan prinsip nofollow atau dofollow? Semoga bermanfaat. albarnation.
Previous
Next Post »