"WOW" Google Siapkan 3,14 Juta Dolar Dalam Lomba Hacker di Bulan Maret 2013


Hacker, Google, lomba hecker
Google kembali menantang para hacker untuk unjuk gigi di lomba meretas Pwnium pada konferensi keamanan Maret mendatang. Kali ini, hadiah yang ditawarkan raksasa mesin penelusuran itu tidak tanggung-tanggung, 3,14 juta dolar Amerika Serikat. 

Dalam Pwnium 3, demikian acara tersebut dinamakan, para peretas untuk pertamakalinya akan ditantang untuk mengutak-atik sistem operasi buatan Google, OS Chrome. Bagi yang bisa membobolnya, masing masing diganjar hadiah mulai 110 ribu hingga 150 ribu dolar Amerika. 

Google dalam sebuah pernyataan Senin (29/1) menyatakan, mereka akan menyediakan hadiah uang hingga USD 3, 14 juta, atau tepatnya USD 3,14159 untuk lomba ini. Ini berarti peluang untuk mendapatkan hadiah terbuka lebar untuk lebih banyak orang. 

Insinyur dari tim keamanan Chrome, Chris Evans melalui blognya, Senin, menyatakan hadiah 110 ribu dolar akan diberikan bagi setiap peretas yang bisa "mengakali" OS Chrome atau browser Chrome melalui sebuah situs web exploit-serving (exploit-serving website) di lomba itu. 

Sedangkan bagi peserta yang bisa melakukan apa yang disebutnya, "menembus kegigihan perangkat" ("compromise with device persistance") atau ketika peretasan mampu bertahan dari reboot di notebook berbasis Chrome OS akan diganjar hadiah lebih besar, 150 ribu dolar. 

"Kami percaya hadiah lebih besar ini merefleksi tantangan tambahan terkait dengan pematahan pertahanan keamanan dari OS Chrome, dibanding sistem operasi tradisional," ungkap Evans. 

Pwnium 3 akan berlangsung 7 Maret 2013 di konferensi keamanan CanSecWest, Vancouver, Kolombia. 
Previous
Next Post »